Alasan Harus Miliki Asuransi Kesehatan untuk Diri Sendiri

Alasan Harus Miliki Asuransi Kesehatan untuk Diri Sendiri

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, dan melindunginya juga menjadi hal yang sangat penting. Manfaat dari asuransi kesehatan telah dirasakan oleh banyak orang, terutama dalam mengurangi dampak finansial yang dapat timbul akibat risiko penyakit di masa depan.

Masyarakat pada umumnya membutuhkan asuransi kesehatan yang dapat memberikan mereka ketenangan pikiran serta meningkatkan kenyamanan hidup dengan biaya yang terjangkau. Oleh karena itu, kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan pribadi semakin meningkat. Salah satu alasan utamanya adalah bahwa asuransi kesehatan pribadi dapat memberikan perlindungan finansial yang cepat saat terjadi keadaan darurat medis.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Pribadi

1. Akses ke Banyak Rumah Sakit

Alasan Harus Miliki Asuransi Kesehatan untuk Diri Sendiri

Sebagai perusahaan asuransi swasta yang telah hadir di Indonesia sejak lama, mereka telah menjalin banyak kerjasama dengan rumah sakit-rekanan yang kompeten dan siap melayani calon pasien. Dengan jaringan rumah sakit yang luas dan beragam, Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih rumah sakit sesuai dengan preferensi Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat mencari rumah sakit yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal Anda atau menemukan rumah sakit di mana dokter langganan Anda berpraktik. Hal ini memudahkan Anda dalam mendapatkan pelayanan medis yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.

2. Proses Lebih Mudah

Dengan jaringan rumah sakit yang luas, asuransi kesehatan menawarkan kemudahan dalam layanan prosedural bagi pemegang polis ketika mereka berada di rumah sakit. Contohnya, beberapa jenis penyakit tidak memerlukan sistem rujukan yang mengharuskan pasien membawa surat rekomendasi dari dokter spesialis. Hal ini membantu mempercepat proses perawatan.

Dengan demikian, Anda dapat mengunjungi fasilitas kesehatan kapan saja, baik itu klinik maupun rumah sakit, selama mereka bekerja sama dengan asuransi Anda. Bahkan, Anda memiliki kebebasan untuk memilih dokter yang Anda inginkan. Ini menjadi alasan utama mengapa banyak orang memilih asuransi kesehatan pribadi sebagai perlindungan kesehatan mereka.

3. Hemat Waktu

Alasan Harus Miliki Asuransi Kesehatan untuk Diri Sendiri

Menghindari antrian panjang saat sedang sakit merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang. Namun, seringkali kita terpaksa harus rela menunggu berjam-jam. Hal ini bisa menjadi merepotkan, terutama jika kita datang untuk mendampingi orang lanjut usia atau anak kecil.

Selain itu, ketersediaan kuota pasien rawat inap juga terbatas. Keadaan ini membuat kita harus sering pergi bolak-balik ke rumah sakit untuk memeriksa ketersediaan ruangan rawat inap.

Dengan memiliki asuransi kesehatan pribadi, kita dapat mengalami proses yang lebih singkat, sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini juga membantu kita menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan dalam proses perawatan.

4. Nikmati Fasilitas Cashless

Dengan memiliki perlindungan kesehatan, kita tidak perlu membawa uang tunai ketika mengunjungi rumah sakit, terutama jika kita mendapati diri kita harus mendapatkan perawatan darurat di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Jika asuransi kesehatan yang kita miliki dilengkapi dengan fitur non-tunai atau cashless, kita hanya perlu menunjukkan kartu asuransi di loket rumah sakit. Setelah itu, biaya akan langsung dijamin oleh pihak asuransi kepada rumah sakit.

Salah satu contoh asuransi yang memiliki fitur Cashless adalah Manulife Indonesia. Melalui fitur ini, Manulife akan membantu menanggung biaya pasien dalam situasi risiko sakit, sehingga keuangan kita dapat terjaga dengan baik.

5. Santunan Tunai

Salah satu manfaat tambahan yang disediakan oleh asuransi swasta adalah adanya santunan tunai yang diberikan selama pasien menjalani perawatan di rumah sakit. Santunan ini memberikan manfaat kepada keluarga pasien yang setiap harinya berada di rumah sakit, sebagai pengganti biaya transportasi atau biaya menginap keluarga.

Artikel Lainnya